Foto Ruang Dalam Ka’bah Baitullah Masjidil Haram

Para pengunjung setia blog Hikmah Kehidupan  pada kesempatan kali ini kami ingin menampilkan Foto Ruang Dalam Ka’bah Baitullah Masjidil Haram sebagai berikut;




 Ini adalah tempat shalat Rasulullah ketika beliau memasuki Ka’bah yang mulia. Raja-raja, gubernur-gubernur Mekah al-Mukaramah, atau tamu kerajaan selalu shalat di tempat ini sebelum memulai prosesi pencucian Ka’bah yang mulia. Mungkin setelahnya bisa jadi orang-orang yang turut serta dalam prosesi pencucian Ka’bah atau masyarakat biasa bisa ikut shalat pula di tempat ini. Kita memohon kepada Allah termasuk orang-orang yang mendapatkan keutamaan itu amiin.




Salah satu rukun atau sisi Ka’bah al-Musyarrfah. Tampak di bagian atas bagian kain kiswah dalam yang khusus untuk Ka’bah.





Lemari di dalam Ka’bah. Posisi lemari ini tepat berada di depan pintu Ka’bah –jika dilihat dari bagian dalam. Di atasnya biasa diletakkan alat pewangi dari asap kayu gaharu yang khusus untuk mengharumi ruangan Ka’bah. Biasanya hal ini dilakukan setelah prosesi pencucian Ka’bah. Di dalam lemari ini juga tersimpan semacam kapur pewangi yang beraroma mawar untuk membaluri dinding Ka’bah agar tetap wangi. Hal itu juga dilakukan setelah dinding-dinding Ka’bah dicuci dengan air zam-zam yang dicampuri dengan air mawar.





 Bagian kecil di dinging Ka’bah berupa batu  Posisinya menghadap tempat shalat Nabi . Pada batu tersebut tertulis kalimat “laa ilaaha illallaah, Muhammad rasulullah”.




Sebuah pintu  yng terbuat dari emas yang terdapat di dalam Ka’bah. Pintu ini bukanlah pintu utama Ka’bah. Pintu ini dinamakan pintu taubat. Di dalam pintu tersebut terdapat tangga menuju kea tap Ka’bah.





Tiga buah tiang di dalam Ka’bah. Tiang ini terbuat dari kayu yang terbaik dan dihias dengan tulisan kaligrafi dengan emas murni. Bagian atasnya terlihat kain kiswah bagian dalam yang berwarna hijau. Tampak juga pada gambar ini lampu-lampu kecil, tempat pengasapan kayu gaharu, dan wadah-wadah. Benda-benda tersebut adalah hadiah pemberian dari para khalifah, para sultan, para amir, dan para raja sepanjang sejarah Islam untuk Ka’bah yang mulia





Terlihat tiga tiang  yang berada di dalam Ka’bah. Tiga buah tiang yang terbuat dari kayu yang terbaik dan dihias tulisan kaligrafi dengan emas murni. Tampak pada gambar pintu masuk Ka’bah atau dikenal dengan Pintu Ka’bah. Pada gambar ini juga terlihat lemari yang berada di depan Pintu Ka’bah dan di atasnya terdapat alat untuk pengasapan kayu gaharu. Yang digunakan untuk mengharumkan ruang dalam Ka’bah.
demikian yang dapat kami tampilkan semoga bermanfaat dan menambah keimannan kita kepada allah swt amiin.

Tuliskan Pendapatmu Disini: