ALI BIN ASAD, Bagaikan Asad (Seekor Singa)




Diriwayatkan oleh Musa bin Abu Ishaq al-Anshari bahwa Ali bin Asad ikut serta dalam sebuah peperangan, ia sempat membuat tragedi besar. Suatu malam ia melintas di Kufah. Tiba-tiba di keheningan malam itu ia dapati seseorang membaca Surat az-Zumar 53: “Katakanlah hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah”.

Ali kemudian berkata, "Ulangi bacaanmu!" Seketika itu ia mengulanginya. Ali berkata lagi, "Ulangi bacaanmu," ia pun mengulangi bacaannya. Pada kali ketiga Ali berkata, "Ulangi," ia pun mengulangi bacaan tersebut.

Lalu Ali pergi mandi, mencuci pakaian kemudian beribadah sehingga matanya kabur/bengkak saking banyaknya menangis. Sedang lututnya seperti lutut seekor unta. Tidak lama kemudian ia mengarungi lautan dan ikut serta dalam peperangan melawan Romawi. Tiba-tiba perahunya berpapasan dengan perahu musuh. Ketika itu Ali berkata, "Setelah hari ini aku tidak akan berjuang mencari Surga."

Ali segera meloncat ke dalam perahu yang ditumpangi musuh sambil menyerang mereka. Merekapun segera menyambutnya dan mengeroyoknya bersama-sama hingga perahu mereka miring ke salah satu sisi. Setelah itu perahunya oleng dan Ali tenggelam dalam pakaian besinya." (Masyari’ul Asywaq, 1/554.)


Tuliskan Pendapatmu Disini: